Wednesday, October 20, 2010

HATI - HATI MEMBELI BIKA AMBON DI MAJESTIK

Bika Ambon adalah makanan khas daerah Medan. Siapapun yang pernah mampir ke Medan pasti pulangnya selalu membawa oleh - oleh bika Ambon. Uniknya walaupun dinamakan bika Ambon bukan berarti makanan ini berasal dari Ambon. Bika Ambon sangat mudah dibawa karena dapat dijinjing. Juga tahan lama walaupun menempuh jarak 3 hari misalnya dari Medan ke Jakarta lewat darat. Rasanya juga sangat lezat dan punya khas tersendiri hingga makanan ini sangat di gemari.

Pengalaman ini aku sharing karena kejadiannya sewaktu hari raya kemaren. Seperti biasa jika bersilaturahmi di hari raya 1 syawal, banyak sanak saudara dan handai taulan yang datang kerumah. Mereka datang sambil membawa oleh -oleh yang pada umumnya bika Ambon dan semuanya pada membeli dari toko roti Majestik. Majestik adalah salah satu toko roti yang terbesar di Medan dan mempunyai banyai cabang. Hampir disetiap tempat ada Majestik. Karena makanan banyak maka bika Ambon ini tidak ada yang memakan , hanya disimpan saja untuk besok harinya. Bika Ambon tidak enak kalau disimpan di kulkas karena akan keras.

Keesokan harinya anak - anak minta bika Ambon, ketika dibuka dan mau di potong ternyata bika ambonnya sudah ramai di tumbuhi jamur sampai kedasar kue. Saya kaget dan langsung buang. Serata mengambil satu kotak lagi bika ambon ternyata sama, semua bika Ambon dari majestik semuanya bercendawan. Apa hendak dikata. Akhirnya saya hanya memotong kue bolu untuk anak - anak.

Pada syawal ke dua, ada saudara yang membawa bika Ambon, seperti biasa dari Majestik. Saya udah lupa kejadian tadi pagi. Sperti biasa karena sangat sibuk dengan tamu - tamu yang datang, akhirnya k lupa memotong bika tadi. Ke esokan harinya jam 6 pagi orang tua saya dan anak anak ingin makan bika Ambon. Ternyata kejadian yang sama terulang lagi. Drai situ dapat disimpulkan kalau bika Ambon yang dibeli bukan baru di buat. bisa jadi dibuat beberapa hari yang lalu. Ini menjadi pelajaran bagi kita bahwa ternyata nama besar seperti Majestik tidak menjadi jaminan bahwa barang yang di hasilkan bagus mutunya.

Dan juga pengelolanya tidak jujur, karena tidak memberitahukan kondisi sebenarnya hanya mencari keuntungan belaka, tapi yang jelas konsumen kecewa. Apagunanya kita memberi oleh- oleh tapi terbuang percuma karena basi. Kita juga tidak mungkin menanyakan keteman beli di majestik mana atau mengatakan bika Ambon yang kamu bawa sudah basi.

2 comments:

Moh Yusuf MM said...

Ow. . , g7 trnyata.
Makasi infonya. (:
www.ytrick.co.cc jgn lupa Mampir y, ^^

Oneda said...

saya pun sama, ibu saya beli 6 kotak untuk dibawa ke medan-malaysia,
tapi sampai di rumah sudah berkulat :(