Friday, November 7, 2008

DEMO DAMAI DI KUWAIT

Mungkin ini pertama kali dalam sejarah ada demo damai perawat ( expatriat) di kuwait, demo ini bertujuan untuk meminta kenaikan gaji para perawat senior.Demo ini di prakarsai oleh perkumpulan perawat Kuwait dan di setujui oleh metron masing-masing region. Demo ini juga disetujui oleh menteri kesehatan Kuwait. Para perawat expatriat yang terdiri dari berbagai bangsa seperti Indonesia, india, Pilipin, Mesir, Pakistan ,dan perawat - perawat dari negara lainnya di haruskan untuk memakai kartu bertuliskan arab ansyifuuna yang artinya please bantu kami dan juga menempel poster disetiap ruangan dan koridor rumah sakit. Tapi walaupun sedang melaksanakan aksi demo para perawat diharuskan tetap bekerja seperti biasanya memberikan pelayanan kesehatan.Demo ini terjadi karena adanya perbedaan yang cukup besar antara perawat senior dengan perawat junior, dimana para perawat junior yang baru datang mendapatkan gaji yang lebih besar,sementara perawat senior gajinya nggak pernah naik,ditambah dengan biaya hidup yang tinggi bagi perawat yang sudah berkeluarga mulai dari sewa rumah yang naik ,biaya kebutuhan sehari - hari juga naik,uang sekolah anak plus gaji pembantu.Isu kenaikan gaji ini sudah tersebar dari 2 tahun yang lalu di Kuwait,tapi hanya sekedar isu sementara negara - negara gulf lainnya sudah menaikkan gaji perawatnya seperti Dubai dan Qatar.

Aksi ini banyak menimbulkan reaksi pro-kontra antara pasien ada yang mendukung ada juga yang tidak. Salah satunya adalah kejadian di Jahra seorang dokter yang tidak bisa disebutkan warga negaranya menulis kata-kata yang kurang bagus di poster,"mau gaji naik?kerja yang bagus."Atas tindakannya itu sang dokter sedang berkasus, karena persatuan perawat Kuwait melaporkan kejadian ini(police case).
sementara menteri kesehatan yang datang ke rumah sakit IDH berjanji akan segera mendorong pihak civil service untuk menyetujui kenaikan gaji tersebut.Mudah - mudahan janji ini segera terlaksana.

No comments: