Friday, November 21, 2008

Wordpress Tutup Blog Penghina Nabi Muhammad

Jakarta, CyberNews.

Blog yang memuat serial komik penistaan Nabi Muhammad dihapus dari situs wordpress.com. Pengakses tak lagi bisa membuka karena sudah dilenyapkan dari tampilan situs tersebut. Penutupan blog diperkirakan tadi malam, Rabu (19/11) sekitar pukul 23.00.

Markas Besar Kepolisian RI menyelidiki blog berbahasa Indonesia yang memuat komik itu. Menurut Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Abubakar Nataprawira, isi blog tersebut membuat umat Islam marah dan resah. "Sedang diselidiki oleh unit cyber crime," kata Abubakar Nataprawira.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Muhammad Nuh, blog yang menampilkan gambar kartun dengan menyebut Nabi Muhammad berpotensi mendorong permusuhan. "Sudah ada teknologi untuk melacaknya," kata Nuh.

Nuh mengatakan, pengelola blog melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronika maupun Kitab Hukum Acara Pidana. Pelaku sudah menyebarkan permusuhan atau mempertentangan suku, agama, ras dan antargolongan. Dalam keyakinan umat Islam, wajah Nabi Muhammad tidak boleh di ilustrasikan dalam bentuk gambar maupun dengan media lainnya.

Setidaknya ada dua blog di wordpress.com yang isinya melecehkan Muhammad dan ajarannya. Selain berisi cerita yang menghina Islam, blog tersebut berisi beragam komik yang menggambarkan kehidupan Muhammad bersama istri dan para sahabat. Bahkan, salah satu komik menggambarkan kehidupan nabi bersama istrinya secara tidak pantas.

Komisaris Besar Raja Erizman, Direktur Reserse dan Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Metro Jaya, menyatakan sudah menelusuri server dan pemilik blog tersebut. Hasilnya, kata dia, pembuat blog berasal dari luar negeri. Ia tak mau menyebutkan nama negara dan status kewarganegaraan pemilik blog. "Sejauh ini, motifnya agar umat Islam resah," kata Raja.
(Tempo /smcn)

No comments: